on . Hits: 9

REFOCUSING ANGGARAN, PESAN KABIRO PERENCANAAN MA DALAM BIMTEK PENYUSUNAN RKA-K/L TA 2022

 1 Meeting Badilag

pa-andoolo.go.id |06-06-2021|

Andoolo, Biro Perencanaan  dan Organisasi Mahkamah Agung (MA) mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan RKA-K/L DIPA 01 TA 2022 pada Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama empat lingkungan peradilan di seluruh Indonesia. Acara bimtek yang diselenggarakan secara daring tersebut dilaksanakan pada Kamis, 3 Juni 2021 yang lalu.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi MA, Joko Upoyo Pribadi manyampaikan jika Mahkamah Agung pada tahun 2021 mengalami refocusing anggaran sekitar 300 Milyar akibat dampak dari penanggulangan Pandemi Covid-19 dan untuk upaya pemulihan ekonomi. Menyikapi hal ini, Kabiro berpesan agar satker-satker segera melaksanakan program yang belum terlaksana untuk menghindari refocusing angggaran tersebut.

Lebih lanjut Joko Upoyo menyampaikan, pada tahun 2022 MA akan mendapat Alokasi Pagu 11,5 Triliyun yang terbagi dalam 2 garis besar pokok program, yaitu Layanan Dukungan Manajemen dan Pelayanan Penegakan Hukum. 

Dua program tersebut, kata Kabiro selain untuk gaji pegawai, juga untuk renovasi dan pembangunan gedung baru di 85 Pengadilan beserta fasilitas sarana dan prasarana pendukungnya, menyiapkan pendukung sarana prasarana layanan persidangan online (E-court) dan akan mengambil kebijakan untuk tidak menambah tenaga honorer.

Dalam kesempatan yang sama, pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Didi Wahyudi menuturkan fokus pengawasan BPKP adalah mengawal tercapainya tujuan pembangunan. 

BPKP, lanjut Didi Wahyudi, akan mengawal akuntabilitas keuangan dan akuntabilitas pembangunan baik dari segi pertangungjawaban keuangan sampai tahap output kinerja yang dihasilkan. Karena dalam pengamatannya banyak Kementerian atau Lembaga yang realisasi anggarannya tinggi tetapi tidak dirasakan oleh masyarakat. (penulis: ardi |editor: ai)

Add comment

Hubungi Kontak Kami :

Jln. Kompleks Perkantoran Pemda, Kon-Sel

Telephone : [0401] 3081587

WhatsApp : +6281245591804

E- Mail      : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.