on . Hits: 753

“Perilaku Anak Fotokopi Orang Tua”, Pesan Bu Najih di Acara Tampil PA Andoolo

hataman

Pengajian rutin Jum'at sore PA Andoolo (pa-andoolo/doc.natsir)

Penulis: atha naufaldi | editor: imron

Andoolo, pa-andoolo.go.id- Najiatul Istiqomah, SH., S.Hum., Hakim PA Andoolo, mengingatkan pada seluruh warga PA Andoolo, jika perilaku anak adalah fotokopi dari apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Pesan tersebut ia sampaikan dalam acara Tampil atau Tausiah Mingguan PA Andoolo pada Jum’at, 19 Februari 2021.

Lebih jauh bu Najih, begitu ia disapa, berpesan, untuk membentuk pribadi anak menjadi sholih dan cerdas tidak cukup hanya dengan menyekolahkan atau memondokkan anak tersebut di pondok pesantren. Yang tidak kalah penting, menurut bu Najih, adalah bagaimana cara orang tua memberikan nafkah, memberi makan dan biaya hidup lainnya, apakah diperoleh dari cara-cara yang halal dan berkah? 

Dalam hal ini ia memberi contoh bagaimana Imam Syafi’i, salah satu ulama 4 madzhab yang sangat masyhur dan alim, adalah anak dari seorang ayah yang alim dan sangat menjaga diri dari hal-hal yang haram. 

Dikisahkan oleh bu Najih, Seorang pemuda bernama Idris dalam suatu perjalanan merasakan haus dan lapar. Si pemuda tersebut lantas singgah di suatu sungai yang jernih. Saat hendak meminum air sungai tersebut, mendadak ia menemukan buah delima yang hanyut terbawa air. Karena terbawa haus dan lapar, pemuda tersebut menggigit lalu memakannya. Belum sampai habis buah itu ia makan, pemuda tersebut tersadar bahwa buah yang ia makan tersebut bukanlah haknya, tetapi milik orang lain yang hanyut di bawa air sungai.

Pendek cerita, pemuda tersebut mencari pemilik buah untuk meminta maaf dan mengikhlaskan atas secuil gigitan yang ia makan. Untuk mendapat keikhlasan pemilik delima tersebut, si pemuda tersebut rela untuk bekerja selama 2 tahun kepada si pemilik delima, dan karena kesungguhan dan kebaikan hatinya, pemilik delima tersebut meminta agar pemuda tersebut menikahi anak gadisnya. “Dari pernikahan tersebut lahirlah seorang anak yang dikemudian hari menjadi ulama besar dan masyhur, yaitu Imam Syafi’i” terang bu Najih.

Di akhir tausyiahnya, ia berdoa semoga seluruh pegawai PA Andoolo bisa meneladani kisah yang ia sampaikan, dengan selalu menjaga diri dari hal-hal yang dilarang oleh Allah serta memakan makanan yang halal dan dari rizki yang halal pula. “Dengan begitu semoga anak-anak kita menjadi anak yang cerdas dan sholih” pungkas bu Najih. Amin.

Add comment

Hubungi Kontak Kami :

Jln. Kompleks Perkantoran Pemda, Kel. Potoro

     Kec. Andoolo, Kab. Kon-Sel. Kode POS 93811

Telephone : [0401] 3081587

WhatsApp : +6281245591804

E- Mail      : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.