on . Hits: 74

Penyeragaman Biaya Panjar Perkara, Ketua PA dan Ketua PN Andoolo Tandatangani SKB

skb1

Penandatanganan SKB Panjar Biaya Perkara antara PN Andoolo dan PA Andoolo (pa-andoolo/doc.natsir)

Penulis: Tim TI Pando / Editor: imron

Andoolo, pa-andoolo.go.id - Ketua Pengadilan Agama dan Ketua Pengadilan Negeri Andoolo melakukan penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang biaya panjar perkara. Penandatangan ini dilakukan di ruang Media Center PA Andoolo pada Rabu, 17 Februari 2021. 

Dengan ditandatanganinya SKB tersebut, maka SKB yang sama yang dibuat pada tahun 2019 tidak berlaku lagi. Ketua PA Andoolo, Ahmad Imron, SHI., MH., menyampaikan bahwa revisi SKB pada tahun 2021 ini harus dilakukan karena keluarnya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai menggantikan UU Nomor 13 Tahun 1985. "Ada perubahan tarif bea meterai dari regulasi lama dengan undang-undang yang baru. Disamping itu juga ada penyesuaian biaya di beberapa wilayah mengikuti perkembangan" jelasnya.

Wahyu Setioadi, SH., Ketua PN Andoolo menambahkan, penandatanganan SKB antara PA dan PN merupakan bentuk sinergitas dan kekompakan kedua lembaga peradilan ini untuk memberikan pelayanan yang lebih transparan dan akuntabel. "SKB juga untuk menyeragamkan biaya panjar perkara antara PN dan PA Andoolo agar tidak terjadi perbedaan yang akan menyebabkan kebingungan di masyarakat" imbuhnya.

skb2

Ketua PN dan PA Andoolo saat memberikan keterangan sesaat sebelum penandatanganan SKB (pa-andoolo/doc.natsir)

SK Panjar Biaya Perkara merupakan SK yang dibuat oleh Ketua Pengadilan yang menguraikan besarnya uang panjar biaya berperkara yang harus dibayarkan para pihak melalui rekening Bank yang telah ditetapkan oleh pangadilan. Besarnya biaya panjar perkara meliputi biaya pendaftaran, biaya proses, biaya PNBP, biaya redaksi, biaya meterai dan biaya panggilan para pihak yang besarnya disesuaikan berdasarkan radius yang ditentukan dalam SK tersebut.

Add comment

Hubungi Kontak Kami :

Jln. Kompleks Perkantoran Pemda, Kel. Potoro

     Kec. Andoolo, Kab. Kon-Sel. Kode POS 93811

Telephone : [0401] 3081587

WhatsApp : +6281245591804

E- Mail      : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.