PEMBINAAN DAN PENGAWASAN HATIWASDA PTA KENDARI DI PA ANDOOLO

 

 

 

Setelah dua hari berada di Pengadilan Agama Andoolo mulai tanggal 25-26 April 2016 tim Hatiwasda PTA Kendari akhirnya sampai pada ekspose tentang hal-hal yang ditemui selama di Pengadilan Agama Andoolo. Tim Hatiwada PTA Kendari terdiri dari Dr. Hj.Aisyah Ismail,SH.,MH.,(Wakil Ketua PTA Kendari) sebagai Koordinator, didampingi oleh Drs. H. A. Khaliq Damanhuri, Hakim Tinggi PTA Kendari sebagai Ketua Tim, Dra. Hasbia, Dra. Hajar Makkawaru sebagai Anggota serta seorang sopir. Sesuai SK Ketua PTA Kendari Nomor: W21-A/262/PS.01/IV/2016 Tanggal 21 April 2016.

Selama berada di Pengadilan Agama Andoolo tim Hatiwasda tentu banyak melakukan pembinaan dan juga mendapatkan temuan-temuan. Maka hari terakhir yaitu selasa tanggal 26 April 2016 ekspose dilakukan di ruang ssidang Pengadilan Agama Andoolo yang diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Andoolo. Ketua Pengadilan Agama Andoolo Drs. Abdul Hafid, SH.,MH., lansung sebagai pembawa acara setelah dibuka beberapa saat sekaligus ajang perkenalan diri karena ini adalah pembinaan dan pengawasan pertama beliau setelah dilantik beberapa saat yang lalu, kemudian Ketua Pengadilan Agama Andoolo memberikan kesempatan kepada tim hawasbid untuk memaparkan hasil temuan.

Dalam kesempatan tersebut  Tim Hatiwasda secara umum memberikan apresiasi dalam pengawasan dan pembinaan kali ini karena banyak hal positif yang ditemui di Pengadilan Agama Andoolo seperti halnya kebersamaan, terjaganya Shalat berjamaah dan itu merupakan nilai plus tersendiri. Dan disisi lain administrasi bagian kepaniteraan sudah berjalan bagus, seperti register induk gugatan, permohonan serta register pendukung lainnya sudah berjalan dengan baik, begitu juga halnya dengan administrasi keuangan di kepaniteraan seperti buku jurnal keuangan, register induk keuangan, register keuangan eksekusi juga telah berjalan dengan baik, serta administrasi persidangan juga telah telah berjalan dengan baik.

Walaupun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa hal yang menjadi temuan dari Tim Hatiwasdad PTA Kendari, seperti tidak jalannya instrument persidangan sehingga terjadi perbedaan antara buku register, amar putusan hingga panggilan jurusita, kesalahan dalam pengetikan, penulisan register dan segala sesuatu yang menyangkut tugas dan rutinitas harian. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita dalam bekerja terus belajar dan berusaha meminimalisir sebuah kesalahan karena menihilkan kesalahan merupakan mission imposible dan fitrah manusia yang tidak lepas dari kekhilafan dan kesalahan.

Terakhir sebagai penutup Ketua Pengadilan Agama Andoolo mengucapkan rasa terima kasih serta akan segara menindak lanjuti terhadap segala temuan dan masukan yang telah diberikan tentunya akan diusahakan agar direalisasikan secepatnya. Sebelum berangkat Tim Hatiwasda bersalam-salaman sekaligus berfoto bersama pegawai Pengadilan Agama Andoolo. (Ris)

 

 

 

 

Versi cetak


Artikel Terkait

   

Hakim dan Pegawai

Polling Suara

Bagaimana Pelayanan Petugas Kami ?

 

Kalender

« May 2018 »
M S S R K J S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9

Pesan Singkat

Banner

Pengumuman