on . Hits: 338

TIM SIDKEL PA ANDOOLO TAKLUKKAN MEDAN SULIT DEMI LAYANI MASYARAKAAT LAONTI

Pelabuhan Desa Tambeanga, Kecamatan Laonti, Kab. Konsel (dok/slamet)

Laonti | pa-andoolo.go.id

Agenda Sidang Luar Gedung PA Andoolo pada Kamis-Jum’at, 19-20 November 2020  merambah ke wilayah Kecamatan Laonti, tepatnya di Desa Tambeanga. Masuk dalam wilayah yurisdiksi PA Andoolo, Laonti merupakan wilayah terjauh dan tersulit jangkauannya karena hanya bisa dijangkau dengan transportasi laut setelah terlebih dahulu mengarungi perjalanan darat selama 3 (tiga) jam.

Agenda rutin PA Andoolo di wilayah tersebut disambut antusias oleh masyarakat setempat. Menurut mereka, kegiatan Sidang Keliling yang diadakan oleh PA Andoolo ini sangat membantu masyarakat Desa Tambeanga, pasalnya dengan kondisi wilayah yang jauh, masyarakat Desa Tambeanga memerlukan biaya yang tidak sedikit jika harus mengurus perkara ke Andoolo. Oleh karenanya masyarakat setempat berharap PA Andoolo bisa secara rutin mengadakan sidang di wilayah Kecamatan Laonti.

IKUTI PERJALANAN TIM SIDKEL PANDO KE LAONTI DI CHANNEL YOUTUBE, KLIK DI SINI

Suasana Sidang di Balai Desa Tambeanga, Kecamatan Laonti, Kab. Konsel (dok/slamet)

Bagi PA Andoolo, Sidang Luar Gedung atau Sidang Keliling merupakan program unggulan dalam pelayanan prima kepada masyarakat. Agenda Sidang yang oleh PA Andoolo dilaksanakan dua kali dalam seminggu ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan pengadilan pada masyarakat, khususnya yang ekonominya lemah. Sidang keliling juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran hukum bagi masyarakat dan meminimalisir kebiasaan “menyimpang” yang selama ini tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Sidang di wilayah Laonti ini merupakan agenda Sidang Keliling penutup di tahun 2020. Oleh karenanya meskipun harus mengarungi medan yang sulit, rombongan yang terdiri dari Sudirman, SHI., ME. (Wakil Ketua), Aniq Fitrotul Izza, SHI., Aman Susanto, SHI dan Najiatul Istiqomah, SHI. (Hakim) Hamzah Saleh, S.Ag., MH. (Panitera), Hayad Jusa, S.Ag (Panitera Pengganti) dan dibantu oleh tenaga teknis dan pengamanan dari pegawai honorer, tampak menikmati perjalanan. Pelaksaan sidang juga berjalan lancar sesuai rencana.

Meskipun begitu, tetap saja keterbatasan sarana dan prasarana dilokasi menjadi tantangan tersendiri bagi Tim. Sebut saja jaringan internet, kebutuhan pokok Tim ini tidak tersedia secara lancar di wilayah tersebut. Rombongan bahkan harus naik ke puncak perbukitan untuk mendapatkannya guna tetap bisa melakukan update data sidang keliling tersebut ke Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan mempublikasi putusan tepat waktu.

Perjalanan Menuju Lokasi (dok/slamet)

 

Add comment


Security code
Refresh