on . Hits: 64

Hakim Pengadilan Agama Andoolo

Ikuti Pembinaan Hakim Agung

 

Andoolo | pa-andoolo.go.id


Jumat, 5 Juni 2020. bertempat di ruang Rapat Pengadilan Agama Andoolo, Hakim Pengadilan Agama Andoolo serta jajaran kepaniteraan Pengadilan Agama Andoolo mengikuti pembinaan dan kajian secara langsung (live streaming) oleh Hakim Agung melalui chanel youtube Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.


Acara pembinaan dan kajian yang dibuka oleh Dirjen Badilag MARI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. ini dimulai pukul 10.00 WITA dan diikuti oleh PengadilanTinggi Agama, Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Pengadilan Agama Kelas IA yang berada di Ibu Kota Provinsi seluruh Indonesia melalui aplikasi ZOOM.


Dalam pembinaannya, Dirjen Badilag menekankan akan pentingnya kajian ini untuk diikuti oleh seluruh Hakim dan jajaran kepaniteraan Pengadilan Agama diseluruh Indonesia.


Kajian dengan nara sumber Yang Mulia Dr. Mukti Arto, S.H., M.Hum., Hakim Agung Mahkamah Agung RI dari kamar Agama ini bertema Permasalahan Hukum Keluarga. Dalam pemaparannya, YM Dr. Mukti Arto, S.H., M.Hum. menyatakan bahwa “tugas sejati pengadilan modern adalah menyelesaikan semua masalah yang diajukan pencari keadilan melalui perkara yang menjadi wewenangnya, tanpa menyisakan masalah, apalagi menambah masalah, sehingga pihak yang berhak berhasil dengan mudah memperoleh keadilan sesuai standar baku keadilan”.


Lebih lanjut dijelaskan oleh YM Dr. Mukti Arto, S.H., M.Hum. bahwa diperlukan komitmen hakim dalam menyelesaikan masalah yang diajukan kepadanya, yakni :
-Memberi keadilan sesuai standar baku keadilan.
-Memberi perlindungan hukum dan keadilan bagi pihak-pihak yang menurut hukum hak-haknya harus dilindungi.
-Hakim bukanlah wasit dalam pertandingan, melainkan guide dalam persidangan yang berperan membantu dan memandu serta menyelamatkan pencari keadilan agar pihak yang berhak berhasil dengan mudah memperoleh keadilan.


Melalui Pembinaan dan Kajian Hukum Islam yang dilakukan secara rutin ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan profesionalitas para penegak hukum dilingkungan Peradilan Agama terlebih bagi Hakim di Peradilan Agama agar tidak semata menerima, memeriksa dan memutus perkara namun harus dapat menyelesaikan masalah yang diajukan oleh para pencari keadilan melalui perkara yang menjadi wewenangnya, tanpa menyisakan masalah, apalagi menambah masalah sehingga cita-cita terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung dapat terwujud.(@afizzashofia/ Hakim PA Andoolo)

Add comment


Security code
Refresh