on . Hits: 180

 Rapat Bulanan : Berantas “PUNGLI”

ciptakan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Andoolo | pa-andoolo.go.id

Kamis, 04/06/2020. Pemerintah, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) terus melakukan berbagai upaya membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Salah satu upaya itu dilakukan dengan membangun Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam perjalanannya, banyak kendala yang dihadapi, diantaranya adalah penyalahgunaan wewenang, praktek KKN, dan lemahnya pengawasan. Untuk itu, perlu secara kongret dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan Zona Integritas.

Melalui Rapat Bulanan, Ketua PA Andoolo Fahruddin, S. Ag.,M.H menegaskan terkait dengan program tersebut, mengajak seluruh jajarannya agar memberikan pelayanan yang prima, akuntabel, dan anti-KKN serta mengubah mekanisme kerja, pola pikir, serta budaya kerja yang bersih dan melayani agar tidak melakukan tindakan kesalahan meskipun tidak diketahui oleh pimpinan sekalipun.

Selain itu, KPA Andoolo pada setiap kesempatan pertemuan bulanan selalu mengawasi kinerja bawahannya, terutama Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), seperti apload data BAS, Relaas panggilan dan Arsip data perkara “bahwa untuk SIPP kita sudah baik, dan saya harap yang sudah baik ini jangan ditinggalkan tetapi harus di jaga, khusus untuk apload Arsip data perkara di SIPP yang mulai aktif sejak awal 2019 agar terus di jaga, diperhatikan dan diupdate karena pentingnya arsip elektronik tersebut”.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program Sekretariatan yang di wakili oleh Sekretaris Nanik Sri Rahayu, S.H, “bahwa program kedepannnya terkait dengan “program Jum’at bersih” agar tidak terfokus di satu titik saja dan akan ada perubahan skema baru yang akan diterapkan untuk memaksimalkan keterbatasan personil yang ada" serta pemaparan program-program lainnya.

Kemudian dilanjutkan Kepaniteraan yang di wakili oleh Panitera Hamzah Saleh, S.Ag.,M.H, bahas mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan dalam menghadapi "new normal" peradilan dalam melaksanakan pelayanan publik yang prima namun tetap memperhatikan protokol standar pencegahan covid19, seperti menempatkan penjaga pos keamanan yang bertugas mengukur suhu tubuh para pencari keadilan sekaligus mengingatkan untuk senantiasa menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu sebelum memasuki gedung pengadilan . | 4m3ht